gaskan1 Manfaat Luar Biasa, Serai Bagi Kesehatan | Berita Viral NONO

Manfaat Luar Biasa, Serai Bagi Kesehatan


Tanaman serai merupakan salah satu tanaman yang cukup populer di Asia, termasuk Indonesia. Tanaman ini memiliki rasa dan aroma yang khas, sehingga banyak digunakan untuk penyedap masakan. Meskipun masyarakat hanya mengetahui untuk masakan saja, sebenarnya serai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
Dalam serai terdapat sumber-sumber vitamin dan gizi seperti vitamin A dan C, magnesium, asam folat, zat besi, fosfor, kalium, dan kalsium. Selain memiliki vitamin dan gizi, serai juga mempunyai sifat antibakterial yang sangat bermanfaat, diantaranya: anti-inflamasi, analgesik, antidepresan, antiseptik, antibakteri, antipiretik, antijamur, zat karminatif, diuretik, dan insektisida. Dari batang hingga daun serai memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh seperti di bawah ini:

1. Detoksifikasi

Sebagaimana yang dilansir dari hellosehat.com (06/09/2017), serai mampu membantu membersihkan zat-zat racun berbahaya yang berada dalam tubuh. Detoksifikasi dengan menggunakan serai akan membantu melancarkan fungsi di berbagai organ tubuh, termasuk fungsi ginjal dan hati.

2. Sebagai aromaterapi pengusir nyamuk

Serai juga dimanfaatkan sebagai aromaterapi oleh bangsa India dan sekitar Timur Tengah. Di Indonesia sendiri batang serai yang di tumbuk dan kemudian dioleskan pada tangan dan kaki sebelum tidur, dapat membantu mengusir nyamuk yang mengakibatkan demam berdarah.

3. Membantu sistem pencernaan

Dikutip dari student.cnnindonesia.com (08/09/2016), adanya zat anti-mikroba yang terkandung dalam serai dapat membantu meningkatkan fungsi usus dan pencernaan. Rutin mengonsumsi serai dapat menangkal bakteri buruk dan parasit yang bisa mengakibatkan masalah pencernaan. Diantaranya diare, konstipasi, dan kelebihan gas dalam lambung.

4. Mengobati infeksi dan penyakit kulit

Serai berfungsi sebagai antiseptik cukup efektif dalam mengatasi infeksi kulit seperti luka, kudis, kurap, dan infeksi saluran kemih. Karena mengandung sifat anti-mikroba dalam serai mampu membasmi jamur dalam tubuh. Menurut penelitian menunjukkan bahwa ekstrak serai dapat menimbulkan dampak baik pada infeksi jamur. Jamur pada kulit bisa diatasi dengan cara rutin mengoleskan ekstrak serai pada bagian kulit yang bermasalah.

5. Menyembuhkan pilek dan batuk

Melansir dari laman liputan6.com (13/08/2017) , sifat antibakteri dan antijamur dalam serai dapat membantu mengatasi plek dan juga batuk. Vitamin C di dalamnya juga membantu memperkuat kekebalan tubuh. Caranya yaitu, rebus beberapa batang serai, cengkeh, sedikit kunyit, dan teh. Ramuan ini sangat efektif menghilangkan dahak dan lendir dalam tenggorokan.

6. Menurunkan tingkat gula darah

Mengonsumsi teh yang dicampur dengan serai bisa membantu mengeluarkan racun dalam pankreas dan juga meningkatkan fungsinya. Hal tersebut juga akan membantu Anda dalam mengontrol dan sekaligus menurunkan kadar gula dalam darah.
Nah, itulah beberapa manfaat serai bagi kesehatan yang belum banyak diketahui orang. Tertarik mencobanya?

Close Click Here 1x
gaskan3
gaskan4